Kamis, 02 Juli 2009

Tokoh Penggagas Evolusi


Charles Darwin, merupakan ahli naturalist dari Inggris. Ia merupakan penggagas teori evolusi yang kontoversional. Yang melatarbelakangi penggagasan teori evolusi yaitu ekspedisinya dengan kapal HMS Beagle pada tahun 1831. Dalam ekpedisi ini Darwin meneliti berbagai hewan dan tumbuhan yang dilihatnya. Dari sanalah ia merumuskan teori evolusi. Pada 1859, Charles Darwin menerbitkan buku "On the Origin of Species by means of Natural Selection" yang berisi tentang penguraian dan pembahasan tentang penyelesian alam yang menyebabkan terjadinya evolusi.


Alfred Russel Wallace, sahabat pena dari Charles Darwin. Wallace merupakan seorang ahli naturalist Inggris sama dengan Darwin. Alfred Russel Wallace melakukan ekpedisi ke Asia Tenggara dan melakukan penelitian terhadap mahkluk hidup di sana. Ia mengirimkan berbagai data tentang spesies mahkluk hidup di Asia Tenggara kepada Darwin. Ia salah satu merupakan pembela teori evolusi.

Carolus Linnaeus, penggagas sistem penggolongan biologi modern sebelum Darwin. Ia mengatakan bahwa seluruh dunia kehidupan dapat diatur dalam tingkatan yang, apabila digambarkan dalam bentuk diagram, menyerupai silsilah. Setelah Carolus Linnaeus, para naturalist sering menganggap bahwa mahkluk hidup saling “berkerabatan” namun mereka belum mengerti apa penyebabnya.

Gregor Mendel, seorang pendeta dan ilmuwan yang berasal dari Austria-Hongaria. Ia adalah ilmuwan yang mempelajari ilmu keturunan dengan mengopservasi kacang polong. Dalam observasi itu Mendel menyimpulkan bahwa terdapat suatu pola dalam keturunan. Hasil penelitian Mendel ini, akan menghasilkan teori genetika.

Jean Baptiste de Lamarck, seorang naturalist yang berasal dari Prancis. I adalah ilmuwan pertama yang mengajukan ide terjadinya perubahan terhadap makhluk hidup seiring dengan waktu sebagai akibat dari pengaruh lingkungan.

Sumber : http://id.wikipedia.org

Comments :

0 komentar to “Tokoh Penggagas Evolusi”

Posting Komentar

TIDAR

 

Copyright © 2009 by TIDAR : Blog Para Pencari Ilmu